Septianabaroroh's Blog

Just another WordPress.com weblog

Waspadai Makanan yang Kita Konsumsi

Makanan sehat adalah merupakan makanan yang aman dimakan karena tidak mengandung zat yang berbahaya.
Mengapa mengandung zat yang berbahaya? Dewasa ini banyak terjadi penyalahgunaan bahan- bahan kimia berbahaya yang dipakai sebagai campuran makanan olahan.
Bahan kimia berbahaya tersebut biasanya dipakai sebagai campuran makan jajanan yang sangat disukai anak-anak remaja, karena bisa membuat warna makanan menjadi menarik, mengugah selera dan membuat makanan menjadi lezat dan awet.

Bahan kimia apa yang dilarang untuk bahan campuran makanan antara lain :

1. Formalin
Adalah : larutan Formaldehid (30-40%) dalam air dan merupakan anggota paling sederhana dengan rumus kimia HCHO, Formalin merupapan anti septic untuk membunuh bakteri kapang.
Terutama digunakan untuk mencuci hamakan peralatan kedokteran atau mengawetkan mayat dan specimen biologi lainnya.
Formalin disalahgunakan untuk mengawetkan mie basah, bakso, kerupuk, tahu, ayam potong, ikan dan lain-lain.

2. Borak
Merupakan senyawa kimia dengan warna Natrium Hidroksida serta asam borat. Borat biasanya digunakan oleh Industri Farmasi sebagai ramuan obat misal : salep, bedak, larutan kompres, obat oles mulut dan obat pencuci mata. Secara lokal borak dikenal sebagai Bleng (berbentuk larutan atau padatan kristal) . Borak banyak disalahgunakan untuk pembuatan mie basah, lontong dan bakso, krupuk, krupuk gendar.

3. Bahan Pewarna Rhodamin B untuk merah dan Metanil Yellow untuk kuning adalah :
Merupakan zat pewarna sintesis yang dilarang untuk produk makanan karena dalam bahan tersebut mengandung residu logam berat yang sangat membayakan bagi kesehatan. Rhodamin B adalah bahan untuk pewarna kertas, bulu domba, dan sutera. Rhodamin B berasal dari metalinilat dan dipanel alanin sehingga mudah larut dalam alkohol.
Berdasarkan kriteria kesehatan dunia (WHO Metanil Yellow memiliki tingkat keracunan tingkat tiga.
Rhodamin B disalahgunakan untuk pewarna sirup, limun, es mambo, bakpau, es cendol, es kepala, permen.
Metanil Yellow untuk sirup, pisang goreng, Manisan mangga/kedondong.

4. Pewarna Ponceau 3R, Ponceau Sx dan Amaranth
Sering digunakan melebihi batas ambang pembuatan sirup limun. Benzoat sorbet, sakarin siklimat untuk sirup, limun, saus, manisan, kue basah, es mambo, es cendol, es kelapa.

Apa bahayanya?

  • Formalin dan Borak dalam jangka waktu 5-10 tahun akan menimbulkan penyakit kanker hati bagi yang sering mengkonsumsi.
  • Walaupun belum ada data tentang efek klinik dari pewarna sintetis pada Rhodamin B dan Metanil Yellow, penelitian pada tikus yang diberi Rhodamin B dan Metanil Yellow selama 1 minggu berturut-turut menunjukkan adanya peningkatan berat hati, ginjal, dan limpa. Pembesaran organnya. Pemberian Rhodamin B dan Metanil Yellow sekaligus dapat menimbulkan kanker.


Ciri Makanan yang mengandung Bahan Tambahan Terlarang :

  1. Makanan yang mengandung formalin : Mie basah, bakso, tahu, ayam potong, ikan dan lainnya mempunyai ketahanan simpan jauh lebih lama dibanding yang tidak memakai Formalin. Rata-rata bisa disimpan diatas 2 sampai 4 hari. Ayam potong dan ikan akan tampak mengkilat pada kulitnya, kaku dan lalatpun tidak ada yang mau mendekati.
  2. Makanan yang mengandung borak pada mie basah, bakso dan lontong apabila dipegang terasa sangat kenyal, krupuk menjadi sangat renyah
  3. Minuman yang mengandung Rhodamin B dan Metanil Yellow. Pada sirup, limun, saus, manisan, kue basah, es mambo, es cendol, es kepala mempunyai warna yang sangat menyolok (menggugah selera) Beberapa zat pewarna alami yang digunakan untuk mewarnai makanan diantaranya adalah Karotin, Biksin, Karonel. Sedangkan pewarna sintetis yang cukup aman diantaranya adalah : B7 FD & C Blue No. 1; Brilliant Blue FCF; FD & C Blue No. 2; FD & C Green No. 3; FD & C Red No. 40; FD & C Red No. 3; FD & C Yellow No. 5; FD & C Yellow No. 6.


BAGAIMANA MEMILIH JAJANAN SEHAT DAN AMAN
PANGAN JAJANAN SEHAT Dan AMAN

  • Pangan jajanan termasuk dalam kategori pangan siap saji (makanan dan minuman) yang dijual untuk langsung dikonsumsi tanpa proses pengolahan lebih lanjut.
  • Ragam pangan jajanan : Baso, mie goreng, nasi goreng, ayam goreng, burger, cakue, cireng, cilok, cimol, baso tahu, arumanis, gulali, es lilin dan ragam pangan jajanan lainnya
  • Pangan jajanan yang sehat dan aman adalah pangan jajanan yang bebas dari bahaya fisik, cemaran bahan kimia dan bahaya biologis.
  • Bahaya Fisik, dapat berupa benda asing yang masuk kedalam pangan seperti : Isi stapler, batu/kerikil, rambut, kaca, dll
  • Bahaya kimia, dapat berupa cemaran bahan kimia yang masuk kedalam pangan, atau karena racun yang sudah terkandung di dalam bahan pangan seperti : cairan pembersih, pestisida, cat, jamur beracun, singkong beracun, jengkol dll
  • Bahaya biologi, dapat disebabkan oleh mikroba patogen penyebab keracunan pangan, seperti : virus, parasit, kapang, dan bakteri.


KIAT MEMILIH PANGAN JAJANAN SEHAT DAN AMAN

  • Hindari pangan yang dijual ditempat terbuka, kotor dan tercemar, tanpa penutup dan tanpa kemasan.
  • Beli pangan yang dijual ditempat bersih dan terlindung dari : matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor. Pilih tempat yang bebas dari serangga dan sampah.
  • Hindari pangan yang dibungkus dengan kertas bekas atau koran. Belilah pangan yang dikemas dengan kertas, plastik atau kemasan lain yang bersih dan aman.
  • Hindari pangan yang mengandung bahan pangan sintetis berlebihan atau bahan tambahan pangan terlarang dan berbahaya. Biasanya pangan seperti itu dijual dengan harga yang sangat murah.
  • Warna makanan atau minuman yang terlalu menyolok, besar kemungkinan mengandung pewarna sintetis, jadi sebaiknya jangan dibeli.
  • Untuk rasa, jika terdapat rasa yang menyimpang, ada kemungkinan pangan mengandung bahan kimia yang berlebihan

Mei 20, 2010 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: